Minggu, 06 Maret 2016

Empat Penemuan Tak Disengaja Tapi Sangat Berguna



Beberapa penemuan terkadang diciptakan tanpa kesengajaan. Meski tidak ada unsur kesengjaan, tapi penemuan-penemuan ini sangat berguna di kemudian hari dan masih digunakan hingga sekarang.
Berikut Wow Menariknya berhasil menghimpun beberapa penemuan yang diciptakan tanpa ada unsur kesengajaan.
4. Keripik Kentang

Kalian pasti tidak tahu bagaimana asal mula penciptaan keripik kentang. Berawal dari seorang pemilik restoran bernama George Crum, yang menjual kentang goreng di tahun 1800-an.

Jika ada pelanggannya yang mengeluh bahwa kentang goreng buatan Crum dipotong terlalu tebal, maka dia harus kembali ke dapur dan membuatkan kentang goreng yang baru. Suatu hari, Crum merasal kesal dengan semua keluhan pelanggannya. Hingga ia memotong kentang setipis mungkin dan kemudian menempatkannya di penggorengan dengan tujuan agar pelanggan tak memakannya. Lalu, dia merendam kentang tipis yang sudah matang agar rasanya sangat asin.

Alih-alih membuat kesal pelanggan, kentang goreng tipis buatannya itu malah disukai banya orang. Dan hingga sekarang keripik kentang menjadi cemilan paling populer di kalangan semua masyarakat, baik itu anak-anak, remaja, atau orang dewasa.

3. Oven Microwave

Oven microwave digunakan untuk memanaskan makanan yang sudah dingin dengan hanya menekan tombol. Tapi tahukah Anda bahwa alat ini sebenarnya diciptakan tanpa disengaja?

Pada tahun 1940, perusahaan Raytheon bekerja dibidang teknologi anti-radar. Mereka menggunakan tabung magnetron untuk mengembangkan teknologi ini. Tetapi salah satu ilmuwan tak sengaja melihat permen di sakunya mencair akibat gelombang mikro dari tabung tersebut. Kejadian itu nantinya jadi cikal bakal oven microwave.

Ilmuwan bernama Percy Spencer itu melanjutkan percobaan untuk membuat kotak yang bisa memanaskan makanan. Dan akhirnya, terciptalah microwave yang hingga sekarang banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Kalau bukan karena permen yang meleleh itu, mungkin tidak akan ada microwave dan Anda pasti kesulitan untuk memanaskan makanan.

2. Plastik

Plastik bisa digunakan dalam segala hal, mulai dari alat rumah tangga, maianan dan masih banyak lagi. Mungkin banyak dari kalian yang tidak tahu bahwa plastik juga ditemukan tanpa disengaja.

Pada tahun 1907, Leo Hendrik Baekeland mencoba untuk membuat Shellac, yang hanya bisa ditemukan pada kumbang. Alih-alih menciptakan Shellac, Baekeland mampu mencampurkan polimer asli secara bersamaan yang kita kenal hingga sekarang sebagai plastik.

1. Kue Chip Cokelat

Selain keripik kentang, kue yang banyak disantap orang ini juga ditemukan tanpa ada unsur kesengajaan. Pada tahun 1973, Ruth Wakefield dan suaminya mengoperasikan Toll House Inn, sebuah penginapan dan rumah makan.

Suatu hari, Ruth tak memiliki roti cokelat untuk resep kue nya. Tetapi ia mendapat ide lain, di mana ia memotong-motong sebatang cokelat dan berharap cokelat tersebut akan meleleh seperti roti cokelat. Namun, cokelat itu tak meleleh dan menjadi potongan-potongan kecil. Dari situlah tercipta chip cookies.
SUMBER :http://www.wowmenariknya.com/2015/05/empat-penemuan-tak-disengaja-tapi-sangat-berguna.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar